Sabtu, 10 September 2016

Serumah: Temukan Teman Sekamarmu

Gue adalah seorang mahasiswa yang kuliah lumayan jauh dari rumah. Mau nggak mau gue harus ngekost. Karena pulang pergi dari rumah ke kampus setiap hari mungkin bisa mengurangi sisa usia gue yang udah nggak bayi ini. Tapi ternyata nyari tempat kost yang "bagus" itu nggak gampang. Sempet gue dapet kostan yang kumuh parah. Dan itu nyebelin.

Kali ini gue dapet info ternyata ada sebuah website yang membantu orang-orang buat nyari kostan. Bukan hanya itu, selain nyari kostan, kita juga bisa cari teman sekamar! Muke gile juga ya idenya. Emang sih ngekost sendirian itu penuh tantangan. Mulai dari kesepian nggak ada temen ngobrol, sampai tersiksa parah ketika sakit di kostan.

"Lo akan lebih menghargai hidup ketika lo sakit sendirian di kostan"

Web ini namanya "Serumah" dan bisa diakses di serumah.com. Saat pertama buka website ini, hal pertama yang gue pikirkan adalah, "Website ini bikinnya pake apa ya?" Setelah iseng-iseng lihat source code lalu gue tau kalau Serumah dibuat menggunakan CMS wordpress. Hal yang cukup lumrah dan keren.

Untuk daftar caranya cukup mudah. Di sebelah kanan atas website terdapat link Sign In. Ketika diklik akan muncul beberapa kolom formulir dan ada pilihan daftar. Setelah selesai mendaftar, user sudah bisa langsung login.


Setelah login, user mengisi kuisoner dan formulir untuk melengkapi profilnya. Mungkin ini dibuat untuk mempermudah user lain dalam mencari teman sekamar.


Terdapat 3 fitur utama di website ini, yaitu: Cari Kamar, Cari Teman Sekamar, dan Iklan Gratis.

1. Cari Kamar
Fitur ini jelas berfungsi menampilkan kamar-kamar yang telah user lain input ke website ini.


Ketika kita menemukan kamar yang dicari dan mengkliknya, akan muncul halaman yang berisi detail kamar tersebut dan kontak pemilik kamar.


Dan seperti yang terdapat dalam Terms of Use website ini, pemilik dan penyewa akan bertransaksi langsung tanpa campur tangan website.

Ketentuan Mengiklankan
Pengguna terdaftar dapat mendaftarkan dan mengiklankan kamar sewa melalui Situs dengan memahami dan mematuhi hal-hal berikut:
a. Situs merupakan wadah berbagi informasi mengenai sewa kamar serta pemberi sarana, sehingga tidak memberikan jaminan apapun atas iklan maupun profil yang terdaftar.
b. Situs tidak terlibat secara langsung dalam setiap interaksi maupun transaksi yang terjadi antar Pengguna (baik antara pemilik properti maupun penyewa) sehingga Situs tidak memiliki kontrol atas kualitas, kemanan, moralitas maupun legalitas dari setiap iklan yang tercantum.

2. Cari Teman Sekamar
Fitur yang cukup keren menurut gue. Dimana kita bisa nyari orang yang memiliki minat yang sama dengan kita (nyari kamar) dengan mudah.


Setelah menemukan orang yang pas dan mengkliknya, kita akan bisa lihat informasi detail orang tersebut beserta kontak yang bisa dihubungi.


3. Iklan Gratis
Fitur ini mungkin terintegrasi dengan fitur pertama yaitu Cari Kamar. Jadi, user yang menginput kamar di fitur ini akan ditampilkan di fitur Cari Kamar. Masuk akal. User tinggal memasukan informasi-informasi kamar.






Kesimpulannya. Website "Serumah" ini merupakan wadah berbagi informasi mengenai sewa kamar dan orang yang nyari kamar. Secara keseluruhan berjalan cukup baik dan mudah digunakan bahkan oleh user yang mungkin gaptek.

Penggunaan CMS wordpress dan mungkin plugin WP Residence dirasa sangat epik dan elegan untuk mengelola sistem. Namun ada hal yang cukup mengganjal ketika gue nyoba akses admin menggunakan user password yang didapat dari halaman utama, ternyata bisa. Mungkin bug?


Akhir kata gue ucapkan "Good Job" untuk developer website "Serumah" dan semoga website ini bisa terus berkembang dan membantu orang-orang yang nyari kamar atau teman sekamar.

0 comments:

Posting Komentar