Minggu, 19 Januari 2014

Hal Nyebelin di Sekolah/Kampus

Sekolah/ngampus itu emang kadang asyik dan kadang nyebelin. Asyiknya itu kalau guru/dosennya nggak ada, dan kita bisa maen sama temen-temen. Walau kadang ngerasa bodoh juga sih, kita udah bayar mahal-mahal biaya sekolah, tapi malah seneng guru/dosennya nggak ada, itu kan sama aja buang-buang duit.

Yang paling nyebelin dari sekolah/ngampus adalah ketika disuruh maju ngerjain soal, disuruh baca materi pelajaran, dan yang ternyebelin adalah, tidak lain dan tidak bukan, ujian. Beberapa bulan belajar cuman ditentuin sama nilai yang didapet pas kita ujian, asli nyebelin banget. Ngapain juga coba capek-capek sekolah? Iya kan?

Ujian? Mampus.

Karena banyak hal nyebelin di sekolah/kampus, makanya gue bakal berbagi tips supaya nggak terlalu sebel pas ada kejadian-kejadian kayak gitu. Langsung aja:

1. Tatap Mata Guru/Dosen
Misal guru/dosen lagi nyari mangsa buat maju dan ngerjain soal kampret yang doi bikin di papan tulis. Apa yang mampu kita perbuat kalau kita sama sekali nggak paham soal itu? Pasti kita berharap nggak disuruh maju kan? Nah, makanya, coba lo tatap mata guru/dosen lo. Buat apa? Dengan melakukan aktifitas ini, maka lo akan terlihat mampu dan bisa ngerjain soalnya, walaupun sebenernya nggak bisa. Hal inilah yang bakal bikin lo nggak akan disuruh maju. Karena, pada dasarnya, guru/dosen hanya akan memilih siswa yang terlihat planga-plongo nggak ngerti sama soalnya. Dan, jangan pernah sekalipun buat... Nunduk! Gue peringatin, jangan! Lo pasti maju kalau nunduk, gue sering soalnya.

2. Duduk di Depan
Ketika ujian, pasti kebanyakan orang bakal milih duduk di belakang kan? Mereka beranggapan kalau duduk paling belakang, pasti guru/dosen yang lagi ngawas nggak akan ngelihat gerak-gerik mereka. Tapi, justru itu adalah salah besar! Kenapa? Ini mungkin hukum psikologis (mungkin), ketika semua beranggapan duduk paling belakang paling aman, maka si pengawaspun akan beranggapan kayak gitu. Jadi, si pengawas bakal lebih memperhatikan siswa yang duduk di belakang. Yang di depan? Mereka yang duduk di depan pasti bakal dianggap udah PD dan mampu mengerjakan soal-soal, walau sebenernya belum tentu. Gue pernah ujian, duduk di belakang, dan kampretnya, walau tempat duduk pengawasnya di depan... Doi malah diem di belakang... Di samping gue.

So, puter otak buat ambil keputusan. Ketika orang lain banyak yang beranggapan A lebih baik, maka lo harus ambil B, kenapa? Karena A udah banyak yang milih, dan itu menyebabkan A udah nggak baik lagi. Mending B aja, walau nggak terlalu baik tapi sedikit yang milih, dan artinya nggak akan jadi lebih buruk.

23 komentar:

  1. puter otak buat ambil keputusan itu contohnya ikut lomba nyanyi kategori solo dangdut yah? :D

    BalasHapus
  2. pastinya jangan lupa pasang tampang muka polos :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau bisa muka pengemis belum makan 3 hari :lepilol:

      Hapus
  3. Hahaha tapi terkadang itu malah bisa jadi bumerang. Natap mata dosen nanti dikira nantang dan akhirnya disuruh maju. :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinannya selalu ada, tapi lebih parah kalau nunduk :lepids:

      Hapus
  4. Berarti kalo temen kita banyak yang ngandelin otak sendiri saat ujian, kita harus berpikiran terbalik dengan ngandelin otak temen ya.. Kalo ini gue sering :lepiming:

    BalasHapus
  5. Asal puter otaknya jangan kelamaan aja.

    BalasHapus
  6. nggak mau puter otak ah, ntar otak kanan gue ada di sebelah kiri dan otak kiri gue ada di sebelah kanan... :lepitroll:

    BalasHapus
  7. paling sebel itu sama dosen cewek yang killer

    BalasHapus
  8. saya suka duduk di hadapan :D

    follow sini yaa..
    semoga blog ni dimurahkan rezekiii...aamiiin
    amal singgah sini.. selamat malam...
    jemput singgah blog amal

    BalasHapus
  9. Tatap Mata Guru. Itu horor. Apalagi kalo killer. Haha :D

    BalasHapus
  10. Tips pertamanya ga manjur, natap guru malah disuruh ke luar kelas :| (((pas lagi ngomel, dikira nyolot gitu)))
    Btw tips kedua dari sd-sma udah permanent duduk didepan, efek nama mungkin, manjur :y

    BalasHapus
  11. gue juga biasanya duduk di belakang dieq, belakang dosen

    BalasHapus