Minggu, 01 Desember 2013

Warteger

Ada yang tau warteg? Itu singkatan dari warung tegal. Secara harfiah fungsinya ya kayak rumah makan gitu. Yang gue bingung katanya di Tegalnya sendiri ternyata gak ada warteg, mungkin kalau disana namanya cuman warung. Pas ditanya, "Ini warung apa mas?", eh dijawab, "Ini kan di Tegal mas, jadi pasti warung tegal". Mungkin kayak gitu.

Komponen warteg

Warteg itu biasanya harganya miring, alias sesuai kantong para pemerhati kondisi dompet kayak gue. 15.000 aja udah mantep banget, ibaratnya mau lo makan sampe muntah-muntah juga bisa! Asli murah banget.

Gue punya beberapa tips buat kalian yang masih amatir dalam berwarteg ria. Diantaranya:

1. Pilihlah lauk yang dompet lo sukai
Ya iyalah, pilih yang sesuai selera lo. Misal lo suka ikan ya ambil ikan. Jangan sampe lo ambil makanan yang nggak lo suka, apalagi yang bikin lo alergi, bisa bahaya.

Jangan lupa juga kondisi dompet. Kalau dompet lo kembang kempis ya mending yang standar aja (kuah + nasi), itu udah amazing sebenernya. Dan jangan lupa, the most expensive in the warteg adalah 'daging'. Iya daging, mau daging ayam atau daging sapi. Emang sih enak, tapi perlu diketahui bahwa 1 lauk daging ekivalen dengan 3 lauk bukan daging.

Daging = Telor + Sayur Oyok + Kentang Balado

Tinggal lo pilih, mau kualitas atau kuantitas. Kalau gue biasanya dalam satu minggu bervariasi. Hari ini kuantitas, besoknya kualitas, ya biar makan lebih berwarna aja gitu.

2. Bawa minum sendiri
Minum? Di warteg? Sebenernya hal ini yang paling gue jauhi, kenapa? Air putih yang cuman segelas itu seharga dengan setengah nasi. Coba aja kalau bawa air sendiri, apalagi yang galonan kan murah banget. Pokoknya pasti lebih bersahabat sama dompet.

3. Buat daftar warteg terbaik dan terburuk
Ini penting banget. Jadi kita harus pinter-pinter milih warteg. Pilihlah warteg dengan kondisi: murah, enak, penjualnya bersahabat, bersih, gak terlalu rame, tempatnya lumayan luas dan bisa ngutang.

So, ini cuman beberapa tips buat warteger yang mau makan lebih efisien aja. Mungkin masih banyak lagi yang lainnya yang gak disebutin disini. Selamat makan!

6 komentar:

  1. Wah, bener banget tuh, gue pasti kalau ke warnet bareng temen gue selalu lebih mahal, ngga pandai milih lauk. Dan, di tempat gue kalau air putih mah gratis. Hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pilihlah lauk sesuai kondisi perut dan dompet B) wah enak banget kalau gratis!

      Hapus
  2. lah. di medan semua makanan harganya 8 rebu. kecuali dia tambah nasi.
    air putih mah gratis.
    nasi juga cuma seribu
    beda bgt ya. haha

    kalau ada waktu, main ke blog gua juga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. di depok jg ada sih warteg 'serba 8rb' haha
      enak amat gratis ._.

      ke tkp *ting*

      Hapus
  3. enakan warteg atau angkringan? bukan enakan tapi murah mana? Tau angkringan kan? haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. *langsung googling* wah gak tau nih murah yg mana, belum ngetest angkringan ._.

      Hapus