Minggu, 08 Desember 2013

Teknik Makan Ngirit

Sebagai seorang perantau yang kuliah sambil kerja kayak gue. Udah jadi hal pasti kalau hidup harus ngirit. Dan hidup itu berarti makan, karena tanpa makan kita nggak akan hidup. Juga minum, tapi kalau minum lebih gampang, nyari sungai juga bisa.

Intinya kita harus ngirit buat makan. Jangan sampe di akhir bulan kita keabisan uang dan gak bisa makan. Semua pengeluaran harus tertata dengan rapi. Gue punya beberapa teknik buat ngirit dalam hal makan, ini beberapa tekhniknya:

1. Masak Nasi Sendiri
Nasi adalah makanan pokok dari makanan pokok manusia di Indonesia. Ibaratnya walaupun udah makan lontong 15 biji tapi nggak makan nasi, itu bukan makan, itu cuman sekedar cemilan atau cepuluh. Jadi kalau kita masak nasi sendiri, maka kita telah menekan biaya makan. Kita cuman perlu beli lauk pauknya doang.

Sumber kehidupan

Yang paling nyebelin dari masak nasi sendiri ini adalah kejadian yang sering gue alami kalau masak nasi pake rice cooker. Apa itu? Lupa mindahin mode angetin nasi ke mode masak nasi. Ketika lo udah nunggu lama nasi yang lo masak, dan pas dicek ternyata masih berbentuk beras sama aer, karena emang rice cookernya masih belum mode masak nasi, sakit banget bro. Jadi jangan lupa kalau masak nasi ubah mode rice cookernya ke mode masak nasi.

2. Beli Lauk 3M (Murah, Enak, Sehat) *loh
Belilah lauk yang mampu lo beli, juga rasanya enak, dan kalau bisa sehat. Karena lauk itu yang membuat makan kita ada rasanya. Coba kalau makan nasi doang? Gak akan enak.

Dan ternyata fakta membuktikan bahwa kategori lauk adalah segala makanan yang memiliki rasa. Jadi apapun makanan yang memiliki rasa (kecuali nasi, walau ada rasa manisnya), itu adalah lauk. Bahkan nasi goreng. Karena gue pernah makan nasi pake nasi goreng.

3. Cari Makan Gratis
Banyak kemungkinan buat bisa makan gratis. Mungkin ketika temen lo ultah dan lo di traktir, atau temen lo jadian juga lo ditraktir, dan lain-lain. Yang paling krusial itu makan gratis di acara pernikahan orang yang lo nggak kenal. Kalau dateng ke pernikahan itu udah pasti bawa amplop yang isinya duit. Inilah yang membuatnya mudah. Kita isi aja amplopnya sama kertas yang ditulisin, "Maaf anda kurang beruntung, silahkan coba lagi". Tinggal sok-sok-an kenal sama si pengantin dan makan gratislah kita.

So, hidup itu penuh perjuangan. Apalagi perjuangan mencari sesuap nasi. Jadi kita harus hidup ngirit. Sekaya apapun lo, kalau hidup lo boros, lama-kelamaan pasti jadi miskin. Hidup ngirit!

17 komentar:

  1. Gue kalo masak nasi sendiri malah ngga abis dan nasinya jadi kering dan jatuhnya lebih mahal. :(
    Hahaha itu yang di nikahan gue belum pernah banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tips masak nasi:
      -masak secukupnya (klw bisa pas buat kita makan sehari aja)
      -klw masih ada sisa, matiin rice cooker, buka sedikit rice cooker, klw mau makan angetin lg
      B)
      coba deh, asli gratis haha :D

      Hapus
  2. Entah kenapa, gaya tulisan lu gua suka. Beberapa postingan yang udah gua liat penulisanya asik dan nggak bertele-tele. Bagus, lanjut bro!

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah makasih banyak, ini bikin terharu asli :'

      Hapus
    2. AHhAAA IYA BENER BANGEETTTzzz.. ngejalan gitu aja bacanya .. otak yang lagi ngendep bisa bangun lagi.gak kaku gak menggurui.. semanggiii ya dikii.. keep write.. make me happy read ^^ gannbatte

      Hapus
    3. huaaaah... terima kasih banyak :' insya Allah hajar terus! :lepilol:

      Hapus
  3. oh, tulisan ini yg bikin haru? :') hehe. Eh dik, kita senasib. Uda laper ngguin nasi trnyata blm mode masak :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha iya tepat :D
      rasanya itu sakit banget kan? :v

      Hapus
  4. biasanya sih gue yang 1 sama 2 aja, yang ketiga susah nyarinya bro -___-

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener bro, yg ketiga itu kalau kita lagi hoki aja O)

      Hapus
  5. makan gratis : pergi kerumah saudara saat laper.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau rumahnya deket iya, kalau jauh susah :lepiokay:

      Hapus
    2. suruh saudara kirim makanannya... ha ha...

      Hapus
    3. buset dah, dikira catering :lepilol:

      Hapus
  6. awkakaka... ciyeee yang anak kost, paham betul nih kalo soal yang ngirit2. btw, kalo makan nasi sama garam, berarti garam bisa juga dibilang lauk ya sob? hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bisa, apapun yang bisa dijogres sama nasi dan enak dimakan itu lauk :lepitroll:

      Hapus
  7. Kl nasi sama nasi goreng bentuknya terlalu mirip. Coba deh bubur sama nasi goreng. Enak poll..

    BalasHapus