Rabu, 22 Januari 2020

Terjebak Kapitalisme Game Online Free to Play

Di zaman sekarang ini game online udah bisa diakses lewat smartphone. Saking simple-nya bahkan sambil berak pun kita bisa mainin tuh game. Setiap game itu biasanya ada 2 jenis, antara lain:

  1. Pay to Play
  2. Free to Play (Pay to Win)
Namanya manusia yang normal, biasanya kita seneng tuh denger kata "FREE" alias gratis ya kan? Tapi justru disitulah para chairman game company memainkan skenario mereka.

Sebuah game Pay to Play adalah game yang harus kita beli untuk bisa kita mainkan. Misal sebuah game seharga Rp 50.000 di Playstore, sebelum kita membeli game tersebut, kita gak bisa menginstallnya di smartphone kita.


Berbeda dengan game Pay to Play, game Free to Play itu gratis dan bisa langsung kita install.

Lalu dimana letak jebakannya?
Menawarkan pembelian dalam aplikasi
Biasanya game Free to Play itu ada store atau market khusus di dalam gamenya untuk membeli item game tersebut dengan menggunakan uang asli. Bisa pakai kartu kredit atau beli voucher dsb. Walaupun kita gak diwajibkan untuk membeli item-item di store itu, tapi mekanisme gamenya secara gak langsung seperti memaksa. Ibarat kalau kita gak beli, kita cuman bisa main sebatas jadi gamer "Cupu". Bahkan di beberapa game jika kita benar-benar gak mau keluar uang, kita gak bisa melanjutkan game tersebut.


Yang bisa gue simpulkan adalah, game Free to Play itu sebuah jebakan. Itu hanya sebuah cara yang digunakan para chairman game company dalam mempermainkan emosi gamer untuk menghabiskan uangnya dengan cara membeli item yang mereka jual di game gratis yang mereka buat.

Walaupun gak sedikit gamer yang gak mau mengeluarkan uang saat bermain game Free to Play dan bangga dengan keadaan itu, tapi tetap saja itu sangat miris.

Game, jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia adalah permainan.
Permainan merupakan sebuah aktivitas rekreasi dengan tujuan bersenang-senang, mengisi waktu luang, atau berolahraga ringan. Permainan biasanya dilakukan sendiri atau bersama-sama (kelompok). - Wikipedia
Saran gue, mainkan game yang gak merusak mental & isi dompet kalian.

2 komentar: